Landak

Landak; Landak ini salah satu hewan pengerat yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini ditemukan di Asia, Afrika, maupun Amerika, dan cenderung menyebar di kawasan tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar ketiga dari segi ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang.

landak

Mendengar kata landak, mungkin yang terbesit di pikiran hanyalah hewan berduri tajam. Namun, siapa sangka jika daging landak memiliki rasa yang lezat dan juga menyehatkan. Daging hewan yang banyak ditemukan di kaku gunung ini memang banyak diolah sebagai sate di daerah Karanganyar. Tapi, kali ini bukan sate sembarang sate. Tetapi, sate yang penuh akan khasiat.

Dibalik rasanya yang enak, sate landak memang dipercaya mampu mengobati penyakit asma, impoten, ejakulasi dini dan aneka penyakit lainnya.

1. Mempercepat penyembuhan luka
Tak hanya lembut dan lezat, daging landak ternyata juga mengandung gen yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Protein tinggi yang ada di dalamnya juga akan membantu mempercepat meregenerasi sel.

2. Sumber asupan daging bagi penderita kolesterol
Setiap manusia pasti memerlukan daging untuk mencukupi kebutuhan gizi. Tapi, adakalanya seseorang tak bisa memakan daging karena menderita kolesterol tinggi. Pada kondisi seperti ini, daging landak adalah solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan gizi penderita kolesterol. Hal ini dikarenakan daging hewan berduri ini sama sekali tak memiliki kandungan kolesterol alias non koleseterol.

3. Mengobati Penyakit Asma
Hati landak dipercaya mampu mengobati asma dan penyakit pernafasan lainnya. Jika dibakar hingga keluar minyak, hati landak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit pernafasan secara berkala. Hal ini dikarenakan hati landak mengandung kitotefin, yaitu senyawa yang mencegah otot-otot polos pada saluran nafas berkontraksi sehingga saluran nafas menjadi lebih lebar.

Senyawa kitotefin akan bekerja lebih baik jika dikonsumsi bersama omega 3 dan omega 9. Faktanya, omega 3 dan omega 9 juga terkandung dalam daging landak sehingga manfaat daging landak untuk mengobati asma sudah tak diragukan lagi.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Selain dapat mengobati asma, senyawa kitotefin juga dapat merangsang pembentukan anti-bodi. Karenanya, mengkonsumsi daging hewan bermoncong ini juga dapat memperkuat sistem imun.

5. Meningkatkan vitalitas pria
Bagi Anda yang memiliki masalah vitalitas, daging landak yang berada pada bagian ekor mungkin bisa menjadi alternatif pengobatan yang mujarab. Daging yang berada di dekat ekor landak dipercaya mampu mengatasi impotensi dan juga ejakulasi dini.

6. Menguatkan stamina
Tak hanya dapat menguatkan stamina pria saja, landak juga memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina atau energi. Oleh karenanya, makanan olahan landak sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki aktivitas padat.

7. Menghangatkan tubuh
Sama seperti khasiat daging yang masih tergolong ekstrim lainnya, daging landak juga memiliki efek menghangatkan. Bahkan ada yang percaya jika duri landak dapat mengobati masuk angin dan perut kembung.

8. Mengobati diabetes
Khasiat daging landak lainnya adalah untuk mengobati diabetes. Mengkonsumsi daging landak dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah secara bertahap. Tak hanya itu, kandungan di dalamnya juga mampu mempercepat penyembuhan luka serta mengatasi infeksi pada penderita diabetes basah.

Uniknya lagi, selain menurunkan kadar gula darah, kandungan protein dalam daging landak juga mampu memperbaiki organ pankreas. Jika pankreas mampu bekerja dengan baik produksi insulin juga akan meningkat sehingga kadar gula darah tidak akan melonjak kembali.

9. Proten penguat
Setiap 100 gram daging landak mengandung 13,3 gram protein hewani. Jumlah ini mampu memenuhi 29% kebutuhan protein harian wanita dan 24% kebutuhan protein harian pria. Protein sendiri diperlukan untuk energi tubuh serta menjaga fungsi organ. Jadi, secara tak langsung mengkonsumsi daging hewan pengerat ini juga membantu tubuh mempertahankan fungsi organ.

10. Menurunkan berat badan
Khasiat daging landak lainnya adalah sebagai menu andalan untuk menurunkan berat badan. Meskipun tinggi protein, pada nyatanya daging landak zero kolesterol. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging hewan berduri ini dapat menurunkan berat badan secara cepat tapi tak membuat badan terasa lemas.

11. Mengurangi resiko penyakit jantung
Khasiat daging landak lain yang tak boleh disepelekan adalah mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 di dalamnya mampu menyehatkan jantung serta mengurangi resiko penyakit kardio.

landak

12. Meningkatkan fungsi organ reproduksi
Belum banyak yang tahu jika konsumsi daging landak dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi. Ha ini dikarenakan daging landak mengandung zinc dalam kadar cukup besar untuk merangsang organ reproduksi. Jadi, tak heran jika banyak yang percaya jika daging landak, terutama landak laut dapat mengatasi masalah kesuburan.

13. Mengobati sakit gigi
Selain bagian dagingnya, manfaat landak juga bisa diperoleh pada bagian duri. Duri landak dipercaya mampu mengobati sakit gigi dalam waktu sekejap. Caranya, bakar duri landak hingga menjadi abu. Setelah itu, letakkan abu dalam kapas dan masukkan pada bagian gigi yang berlubang.

Untuk mengobati gusi bengkak, abu bakaran duri landak juga bisa digunakan sebagai bahan obat kumur. Caranya, cukup campurkan abu duri landak dengan air hangat dan gunakan sebagai obat kumur 3 kali dalam sehari.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Burung Hantu

Kangguru

Singa