Kura-Kura

Kura-Kura; Kura-kura merupakan hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut Testudinata ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok yang keras dan kaku. Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian. 
kura-kura
Kura-kura telah hidup di planet bumi sejak sekitar 200 juta tahun lalu, tetapi sampai saat ini masih banyak orang yang terpukau dengan struktur tulang yang dimiliki hewan ini yang menutupi hampir seluruh bagian dari tubuh kura-kura.

Hewan ini ada yang pemakan tumbuhan atau herbivora, pemakan daging atau karnivora dan campuran atau omnivora.
Kura kura memiliki tulang di bagian luar tubuhnya (cangkang) yang disebut eksoskeleton. Tulang itu sangat keras untuk perlindungan dari reptil lain.

kura-kura

Jangan salah loh, kura kura, bulus dan penyu itu berbeda walaupun dalam 1 keluarga yang sama dan yang paling mencolok pada perbedaannya adalah habitat yang mereka sukai berikut ini saya jelaskan perbedaannya.

Kura kura walaupun bisa hidup di darat dan di air tetapi dia lebih menyukai daratan daripada di air
Penyu banyak menghabiskan di air daripada di daratan. Bahkan penyu betina ke daratan hanya untuk bertelur saja. Makanya penyu bisa dibilang kura kura laut.
Bulus lebih suka menghabiskan waktunya di air tawar daripada di daratan
Kalau di bedakan dari bentuk kaki
Kura kura mempunya bentuk kaki untuk berjalan di daratan saja dan juga mempunyai kuku kuku yang sangat tajam. Dia tidak mempunyai sirip untuk berenang. Dia berenang hanya untuk mendinginkan badannya saja.
Penyu dan bulus mempunya bentuk kaki sirip yang digunakan untuk berenang dengan bebas di lautan.

Setelah mengetahui perbedaan antara kura kura, penyu dan bulus, kita akan mengulik fakta fakta unik seputar kura kura yuk.

kura-kura

1. Kura kura adalah mahluk purba. Dia sudah ada sejak 200 juta tahun lalu loh bedanya kura kura pada zaman dulu memiliki bentuk gigi yang tajam dan panjang. Kura kura zaman dulu juga tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam cangkang.

2. Kura kura hidup di seluruh benua bumi ini kecuali benua antartika yang memang sangat dingin.

3. Kura kura memiliki indra penciuman yang sangat tajam serta memiliki indra penglihatan yang juga baik sekali.

4. Hewan ini bisa hidup lama daripada manusia yaitu sekitar 150 tahun sedangkan manusia saja kira kira hanya sampai 60 tahun. lama juga ya hidup kura kura ini.

5. Tempurung kura-kura terdiri dari 50 tulang, dimana tulang rusuk, tulang bahu serta tulang belakang yang menyatu bersama-sama dan membentuk tempurung eksternal(luar) yang keras terbuat dari protein berserat yang disebut keratin.

6. Berdasarkan hasil penelitian, tempurung kura-kura bisa memberi petunjuk tentang cara hidupnya. Tempurung yang keras pada hewan ini yang hidup di darat dimana bentuknya yang membulat kubah menyulitkan predator mereka yang ingin menghancurkan tempurung hewan ini. Namun, ada beberapa spesies kura-kura di benua Afrika diketahui mempunyai tempurung yang lebih lentur serta datar yang membuat mereka mudah bersembunyi diantara batu-batuan.

7. Khusus kura kura yang berkepala panjang memiliki bobot kira kira 20 kg saja. Dan untuk kura kura leher panjang dewasa bisa tumbuh sampai 3 kaki panjangnya.

8. Biasanya kan kura kura memakan buah buahan ya, kalau spesies kura kura hijau memakan tumbuhan. Tumbuhannya itu biasanya rumput laut.

9. Kura kura dapat merasakan gelombang padahal kan kura kura tidak memiliki telinga ya.

10. Pada bahasa inggris kura kura yang hidup di laut disebut turtle dan kura kura yang hidup di daratan disebut tortoise. Perbedaan yang mencolok terdapat pada kakinya kalau kura kura laut memiliki sirip kalau yang darat tidak.

Pada saat ini sedang gempar gemparnya kura kura yang dijadikan hidangan untuk kita makan. Di china banyak yang jual kura kura brazil untuk di konsumsi bagi masyarakat sana. Mereka dimasukkan ke dalam plastik dan di bungkus dengan plastik kedap udara.

Kadang pula dijadikannya souvenir gantungan kunci dan diawetkan karena penduduk sana mempercayai bahwa kura kura adalah hewan pembawa keberuntungan. Para peneliti hewan mengecam keras akan hal ini.

Karena hal ini merupakan bentuk penyiksaan binatan yang dilarang. Apalagi kalau yang di bunuh kura kura atau penyu yang memang habitatnya sudah hampir punah. Tentu sangat tidak diperbolehkan.
Untuk itu kita juga harus berperan dalam bentuk lain agar populasi kura kura, penyu, dan bulus tetap terjaga. Salah satunya membuang sampah jangan ke laut, jaga lingkungan dengan baik dan jangan sampai pembunuhan hewan secara liar ya.

Dan jangan lupa ya untuk membantu habitat kura kura agar tetap terjaga dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab serta aktif untuk menghimbau pemerintah untuk menjaga dan merawat ekosistem laut.


kura-kura

Kura-kura BRAZIL ini (trachemys scripta elegans) berasal dari bagian selatan Amerika Serikat.
Disebut juga sebagai kura-kura Red Ear Slider karena terdapat semburat warna merah di belakang matanya yang menyerupai telinga berwarna merah.

Kura-kura brazil merupakan sejenis kura-kura hijau berukuran sedang yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan,
Kura-kura ini memiliki tempurung berwarna campuran antara hijau dan kuning. Sedangkan bagian tubuhnya berwarna hijau tua dengan garis-garis kuning dan bercak merah di setiap sisi kepalanya. Setiap jari-jarinya ditempeli selaput yang membantunya untuk berenang di air.

Cara membedakan Kura-Kura Brazil jantan dan betina dapat dilihat dari panjang cakar di jari-jarinya dan posisi kloakanya. Kura-Kura Brazil jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. Sedangkan kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.
Keistimewaan memelihara Kura-Kura Brazil, diantaranya adalah : 

1. Memiliki Daya Tahan tubuh yang baik dan jarang sakit. 
Daya tahan kura-kura brazil yang kuat membuat kura-kura mudah beradaptasi dengan lingkungan manapun. Jarang sekali pemilik Kura-Kura Brazil mengeluhkan Kura-Kura Brazil miliknya sakit. Bahkan tak jarang pemilik Kura-Kura Brazil berhasil memelihara kura-kura miliknya hingga tahunan, bahkan puluhan tahun, tanpa menunjukkan gejala sakit sedikitpun. 

Hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi kura-kura Brazil. Namun sekalipun kura-kura memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, perhatian dan perawatan yang tepat juga tetap diperlukan, terutama dalam memberikan asupan nutrisi yang  terbaik bagi kebutuhannya. Karena tidak sedikit pula ditemukan kura-kura yang mogok makan. Untuk kasus demikian Anda dapat mengganti jenis makanannya dengan makanan yang lebih berkualitas, untuk mengembalikan nafsu makan Kura-Kura Brazil. Kura-kura kadang suka menolak makanan yang diberikan. jika dia menolak makanan yang diberikan, jangan khawatir. Anda dapat  memberikan makanan lainnya. terkadang masalahnya kura-kura mengharapkan makanan yang sedang diingininya namun tidak diberikan, dan dia akan menolak makan sampai makanan yang diinginkannya diberikan. selama kura-kura mau makan sesuatu, berarti tidak ada masalah dengan kesehatannya. Anda patut curiga kura-kura sakit jika kura-kura menolak semua makanan yang Anda diberikan.

2. Makanan Kura-kura Brazil mudah didapat
Makanan kura-kura brazil sendiri sangat mudah didapat dimana saja. Kura-Kura Brazil merupakan Hewan omnivora sehingga dapat memakan daging maupun tumbuhan. Biasanya kura-kura yang masih bayi akan lebih menyukai memakan daging, sedangkan kura-kura dewasa lebih memilih memakan tumbuhan. Kura-Kura Brazil dapat memakan sayuran, buah-buahan, ikan, daging ayam, serangga, dan cacing. Untuk lebih praktisnya, Anda dapat memberikan pakan "HAI FENG TURTLE FOOD" yang tersedia di Raja Petshop. Anda dapat memberikan makanan pada kura-kura ini setiap 2 – 3 kali seminggu. Atau juga dapat diberi makan setiap hari dengan porsi kecil. Hindari memberikan makanan secara berlebihan agar kura-kura tidak obesitas.

3. Kura-Kura Brazil dapat ditempatkan di akuarium maupun di kolam.
Karena Kura-Kura Brazil merupakan hewan air maka kondisi air harus selalu dijaga. Akuarium maupun kolam dapat dikuras setiap dua hari sekali. Penggunaan filter dapat membantu menjaga kebersihan air. Ukura akuarium dapat disesuaikan dengan ketuhuhan dan jumlah kura-kuranya. Semakin besar akan semakin baik karena masa pertumbuhan Kura-Kura Brazil sangat cepat pada tahun-tahun pertama.

Kura-Kura Brazil salah satu hewan berdarah dingin sehingga sangat penting untuk menjaga suhunya tetap stabil sekitar 20 °C - 28 °C dengan menggunakan heater. Perlu juga disediakan daerah berjemur dimana kura-kura dapat berjemur di bawah sinar matahari sampai tubuhnya kering. Apabila tidak terdapat cukup sinar matahari yang masuk, Anda dapat menggunakan lampu khusus reptile sebagai gantinya. Sinar UV berfungsi untuk membantu kura-kura untuk dapat memproses dan menyerap nutrisi makanan dengan baik

Raja Petshop menyediakan HEATERS SICCE SCUBA SUBMERSIBLE HEATER  untuk menjaga suhu dalam akuarium tetap terjaga.

4. Perawatan dan pemeliharaan Kura-Kura Brazil tidak terlalu rumit.
Perawatannya yang mudah membuat Kura-kura Brazil digemari para pemula hingga penghobi yang cukup kawakan. Memelihara Kura-Kura Brazill tidak membutuhkan pengalaman khusus, sebab bagi pemula saja yang baru pertama kali memelihara hewan ini sudah dapat melakukannya, kura-kura brazil tidak rewel seperti memelihara hewan lainnya, Hal ini membuat kura-kura Brazil cocok bagi Anda yang sibuk akan pekerjaan dan ingin tetap memelihara hewan peliharaan.

Terimakasih telah membaca artikel kami Semoga bermanfaat. 

.

Comments

Popular posts from this blog

Burung Hantu

Kangguru

Singa